Upaya meningkatkan daya saing produk dalam penetrasi ke existing market di era global perlu berpedoman kepada beberapa hal seperti :
1.Product
Dilakukan melalui quality continous improvement, mencari informasi produk pesaing, serta mendaftarkan merk barang.
2. Price
Dilakukan dengan cara cost reducing program disegala aspek sehingga produk mempunyai harga yang kompetitip
3.Place
Dengan menjamin ketersediaan produk dan stok yang cukup
4. Promotion
Promosi merk dagang serta mengikuti kegiatan pameran untuk meningkatkan brand image produk dan memperkuat brand positioning seperti friendly enviroment
5.Service
Meliputi on time delivery, service after sale atau pelayanan purna jual serta product warranty
text berjalan
Thursday, March 18, 2010
Tuesday, March 2, 2010
Refleksi blue ocean
pada era globalisasi ini lalu lintas barang menjadi tanpa batas negara sehingga pilihan barang menjadi lebih banyak dan berharga murah, untuk patokan harga, sudah tentu masyarakat yang berpenghasilan rendah merasa diuntungkan, tapi apakan benar demikian???, mana yang lebih baik " barang murah tapi malah tidak terbeli " karena karyawan banyak nganggur akibat perusahaanya bubar tidak mampu berkompetisi. ataupun " Barang mahal tapi mampu membeli ", pilihan terbaik tentunya adalah pilihan ke dua, biar mahal tapi masyarakat mampu membeli, untuk itu diperlukan kiat-kiat diantaranya, optimalkan kemampuan dan potensi sumber daya alam, dengan dukungan kebijakan pemerintah tentunya, yang kesemuanya bermuara pada titik pusat, pusat harus menjadi contoh bagaimana berperilaku cinta budaya, tidak ekslusive minded dengan premium class, stabilitas dengan menjunjung tinggi rasa keadilan, sehingga nyanyian "cermin retak seribu" tidak akan mampu menyaingi lagu koesplus "bukan lautan tapi kolam susu".
Subscribe to:
Posts (Atom)